Kamis, 13 Juni 2013

Tempat Makan Coto Khas Makassar Paling Enak

Di Makassar banyak terdapat tempat makan enak. Mungkin untuk kamu pecinta kuliner tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya Coto Makassar ya guys.

Yups, Coto Makassar atau yang lebih dikenal dengan nama Coto Mangkasara merupakan makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan ya guys. Makanan yang enak ini biasanya berisi dengan jeroan isi perut sapi yang dibumbui dan kemudian diracik dengan bumbu-bumbu khusus.


Biasanya Coto Makassar dihidangkan dengan ketupat. Saat ini pun sudah banyak warung Coto Makassar yang ada di pinggir jalan.

Tapi kalo kamu lagi mampir ke kota Makassar nih guys, gue punya tempat makan paling enak di sana?

Yaps, Coto Gagak namanya. Eits, jangan salah kira dulu ya guys. Di sini nama gagak bukan berarti dagignya menggunakan daging gagak loh. Di namakan coto gagak karena warung ini terletak di Jalan Gagak no 27, hihi aneh-aneh aja nih.

Jika kita pernah berkunjung ke sana , pasti kita sering melihat banyak mobil yang berlalu lalang di sana dan dari banyaknya mobil yang parker di warung tersebut. Tak hanya itu loh, selain coto gagak terkenal enak, di sini juga ada fasilitas yang disediakan loh. Yaitu tempat yang biasa atau yang ber AC.

Tapi bila kalian ingin merasakan coto yang benar-benar alami, gue saranin mending pakek kipas angin aja deh guys. Ternyata toko ini juga tak begitu lekat dengan nuansa modern, malahan justru masih terlalu tradisional. Banyak terdapat meja panjang dan kursi plastic ya pokoknya serba tradisional sih guys, walaupun ber AC mirip ruang VIP aja nih hehe. Yang lebih hebat lagi, kita pun bila berkunjung ke sana, diperbolehkan untuk melihat bagaimana coto tersebut diracik sampai tiba di meja pembeli.

Untuk rempah-rempah atau bumbu yang disiapkan pun tak main-main loh. Ada 40 jenis bumbu yang dimasak di kuali tanah liat yang disebut dengan korong butta atau uring butta. Jenis kuali yang digunakan untuk memasak dipercaya ikut juga mempengaruhi rasa Coto Makassar.

40 jenis rempah itu diantaranya ya guys adalah kacang tanah, kemiri, cengkeh, pala, serai yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, pepaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jerohan. Konon rempah-rempah itu tidak hanya berguna untuk menentukan rasa Coto Makassar, tetapi juga sebagai penawar kolesterol yang ada di jeroan.

Nah, setelah puas melihat-lihat bagian pembuatan coto, ayo buruan datang ke Makassar untuk mencari tempat makan ini. Di jamin deh rasanya, hmm yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar